PENYEDERHANAAN PERHITUNGAN GAYA GESER DASAR SEISMIK (V) SNI GEMPA 2012 UNTUK TIPIKAL BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH DI JAWA TENGAH

Himawan Indarto
Jurusan Teknik Sipil, Universitas Diponegoro, Semarang
Email: himawan.indarto@gmail.com

Hanggoro Tri Cahyo Andiyarto
Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Semarang, Semarang
Email: hanggoro.tricahyo@mail.unnes.ac.id

ABSTRAK : Bangunan sekolah harus direncanakan sebagai bangunan tahan gempa, mengingat kerusakan pada bangunan sekolah dapat menganggu dan melumpuhkan sebagian proses pelayanan pendidikan akibat sarana dan prasarana yang tidak dapat dipakai sebagaimana mestinya. Permodelan struktur gedung sekolah yang merupakan salah satu tahapan dalam perencanaan struktur, sejak diberlakukanya SNI 1726:2012 : Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan non gedung mengalami perubahan yang signifikan dalam permodelan pembebanan gempanya. Mengingat bangunan gedung sekolah hanya memiliki 2-4 lantai dan bentang balok dari 5,00 – 9,00 meter maka dalam perhitungan gempanya dapat lebih disederhakan agar mudah dipahami oleh perencana di daerah. Untuk tipikal gedung sekolah 3 lantai dengan jumlah lantai (N)=3, Ta = 0,1 N = 0,3 detik kurang dari nilai TS untuk semua klasifikasi situs sehingga Sa = SDS. Berdasarkan sebaran nilai SDS dan SD1 untuk kabupaten kota di Jawa Tengah maka diperoleh kategori desain seismik (KDS) terparah adalah D. Untuk KDS adalah D maka yang diijinkan adalah Rangka beton bertulang pemikul momen khusus dengan Koefisien modifikasi respons (R)=8. Nilai faktor keutamaan gempa (Ie) untuk fungsi gedung sekolah dengan kategori resiko IV menurut nilai Ie =1,50. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka gaya geser dasar seismik (V) dapat disedernakan menjadi 0,1875.SDS.W dengan SDS=Percepatan spektral desain untuk perioda pendek dan W =Kombinasi dari beban mati dan beban hidup yang direduksi. Gaya geser dasar seismik (V) ini sesuai dengan prosedur gaya lateral ekivalen didistribusikan pada berbagai elemen vertikal sistem penahan gaya gempa di tingkat yang ditinjau berdasarkan pada kekakuan lateral relatif elemen penahan vertikal dan diafragma baik secara distribusi vertikal dan horisontal.

Kata kunci: gaya geser dasar seismik, gedung sekolah, SNI Gempa 2012.

Tulisan ini telah diterbitkan di Prosiding Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS) ke-10 tahun 2016. Paper dapat diunduh di sini.

dscn4905e

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s